Jumat, 10 Desember 2010

Shiki

No Doubt!, Best Summer Anime 2010, meski awal episode ane ga tertarik sama artnya [IMO] dan story-nya lambat bgt tapi semakin diikuti episodenya semakin bagus, apik dan buat penasaran..
Shiki = Corpse Demon, benar saja karena setiap kena gigitan korban akan menjadi Shiki, 'mayat hidup', 'vampire'
Cerita berawal dari sebuah keluarga pindah ke daerah/desa terpencil yang boleh dibilang jauh dari perkotaan [Satoba]. Desa yang tenteram dan damai, Keluarga Kirishiki yang pindah ke desa tersebut ternyata menempati rumah mewah/istana [Kanemasa Mansion] yang terdapat di lereng gunung yang sudah lama kosong dan sudah lama ditinggalkan. entah kenapa bertepatan dengan keluarga tersebut pindah satu persatu masyarakat didesa tersebut terkena semacam wabah penyakit. Efek dan gejala penyakit tersebut sebenernya tidak kelihatan mematikan, yah.. normal seperti yang terjangkiti hanya lesu dan pucat. Tapi setelah 2-4 hari yang terjangkit bakal meninggal dunia. Korban meninggal pertama adalah Megumi Shimizu [Seiyuu-nya Tomatsu Haruka] meninggal dunia padahal menurut Dr. Ozaki [Dokter terkenal di desa tsb] yakin bahwa tidak ada gejala dan penyakit serius yang ditimbulkan, kecuali luka semacam gigitan hewan/serangga di tubuh korban. Megumi kemudian meninggal dan dikuburkan. Sejak itu hampir sebagian besar penduduk mulai terjangkit dan meninggal satu per satu..

Penasaran? sebenernya klo melihat prolog ini tidak begitu penasaran. Sebagian dari kita ketika menonton episode awal dari Shiki pasti serasa udah bisa tertebak [genrenya udah Vampire, berarti pelakunya vampire]
"yah.. paling konfliknya sederhana, penyebab matinya karena vampire dan perang dengan penduduk desa.. membosankan" jujur itu yang terlintas dipikiran ane setalah menonton beberapa episode awal anime ini.. tpi setelah mengikuti trus episodenya ternyata story-nya benar2 sangat menarik dan unpredictable. Bahkan bisa membuat penontonnya sedikit confuse, bingung dan penasaran untuk menebak2 episode selanjutnya.

Sangat direkomendasikan untuk Anda yang doyan Mystery Horror, tapi Anda harus bersabar untuk nonton anime ini karena story-nya lambat, tpi klo trus ditonton anime ini adalah termasuk Anime dgn story yang bagus/apik yang pernah ane tonton..

Sedikit perkenalan tokoh :
- Yuuki Natsuno : Siswa sekolah yang normal walau sesungguhnya dia ingin tinggal didesa n prefer tinggal di kota. Sikapnya sedikit dingin
- Dr. Ozaki Toshio : Dokter yang bekerja di Rumah Sakit di desa ini, dia menggantikan ayahnya dulu sebagai dokter di rumah sakit ini. Dia tinggal bersama istri dan ibunya. Sering dipanggil sebagai "Waka-sensei"
- Muroi Seishin : Pendeta Muda di desa ini. Kuil di desa ini sering digunakan jasanya sebagai jasa penguburan warga apabila ada yang meninggal. Hobi menulis dan mempunyai/menulis novel dengan judul "Shiki". Dia dapat merasakan hal-hal Supranatural
- Kirishiki Sunako : Anak kecil yang berusia 13 tahun. Tinggal di istana/Kanemasa Mansion yang terletak di lereng gunung bersama keluarganya yang baru pindah ke desa ini. Memiliki sedikit 'penyakit' yang mengakibatkan ia hanya bisa keluar pada malam hari, dan dia adalah salah satu fans dari novel Muroi Seishin yaitu "Shiki"

REVIEW
1. STORY = 10

Ane sangat tertarik dengan story-nya, walaupun sudah dijelaskan diatas bahwa storynya berjalan lambat. sangat disayangkan apabila Anda drop anime ini karena story inti dan episode serunya akan muncul sekitar episode belasan. Dengan story plot yang bagus, genre Mystery yang tersusun apik membuat penasaran dan membingungkan penontonnya..

2. ART = 7
Ane kurang tertarik sama artnya, mungkin agar terkesan original tapi menurut ane artnya ga begitu bagus dimata ane. Garis muka karakter tajam dan 'weird' hairstyle di setiap karakter yang muncul dianime ini. Walau untuk art background dan suasananya menurut ane lumayan bagus.

3. SOUNDS = 9
OP1 diisi oleh Buck-Tick, sangat Apik, sangat bagus, musik mantep, dan temanya begitu cocok untuk anime ini.. ED walau ane ga gitu suka namun terdengar pas sama Anime ini. OP2 dari kanonxkanon dan sekali lagi lagunya mantep dan temanya pas..
Soal jajaran seiyuu jujur sih agak kurang familiar kecuali yang sering didengar yaitu Tomatsu Haruka, Yuuki Aoi dan Gackt, walau begitu seiyuu karakternya juga cocok dengan perannya. Untuk efek2 suara lain, terdengar bagus dengan tema mystery-nya..

4. CHARACTER = 8
Sebenernya pada awalnya ane bingung siapa main character anime ini. Pada episode awal kurang jelas dimana sorotan bagian dari main character. Karakter terkadang hanya muncul sesaat, tidak dijelaskan secara gamblang, hanya dijelaskan secara tidak langsung. Tapi setiap karakter sebenernya sangat penting dalam penyusun cerita walau hanya supporting ataupun karakter yang sudah meninggalpun.

5. ENJOYMENT : 9
Sangat enjoy, apalagi ini termasuk Best Anime Summer dalam versi ane. Walau ane akui bikin penasaran dan bingung tpi disinilah letak menariknya dari anime ini.

OVERALL : 9,5/10

Sejauh ini adalah anime yang ane sangat tunggu2.. Jika endingnya bagus bukan tidak mungkin ane akan memberi nilai 10/10 [Masterpiece] untuk anime ini. Jadi? jika Anda tertarik untuk anime mystery horror yang story-nya unpredictable dan buat penasaran.. Silahkan menonton Shiki!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar